Wednesday, May 16, 2012

Avocado Pudding




Ikutan kursus demo chef Yongky di Alam Sutra. Geli juga sih kalau diingat, acaranya itu diadakan oleh salah satu gereja di Alam Sutra. Waktu mau dftarnya aku sudah tanya ke pihak panitia via sms, katanya untuk umum. Dijawab begitu ya gak kuatir lah soalnya terus terang aku penasaran banget gitu, resep yang didemo banyak, bayarnya murah. Daripada aku harus ke kursus di toko Rossy bayarnya mahal, kelasnya pagi, macet pulak ke arah kota. Aaaaargh...gak deh, ninggalin anak sampai sore...aku kan gak ada asisten nginep, kasiaan campur gak tega :( Ya ujung-ujung nya aku daftar. Hari demo aku menuju gereja Alam Sutra, suamiku gak bisa antar, terpaksa aku naik taksi. Tukang taksinya bingung pas aku bilang kemana tujuanku..kan aku pakai jilbab tapi ke geraja hehehe..di taksi aku jelasin *gak penting amat seh :p

Sampai di sana pun gak cuma aku yang kaget hahahhaha...orang-orang pun kaget, salah masuk kali. Tapi pantang buat aku pulang, mengingat udah bayar, udah diniatin..kan pengin belajar. Akhir acara ada juga sih dari mereka yang tanya kok bisa ikut acara ini, taunya darimana. Aku jawab.."Tau dari fb".."Ooh, ada ya fb-nya.." "hadeuh ibuuu..kemana ajja, ke pasar mulu mah boleh, gaul dikit dong..." :p Orang di sana baik-baik loh, malah aku juga sempat ditanya sama pastur yang kebetulan duduk di sebelahku...*aku gak tau kalau dia pastur sampai dia naik ke podium ngasih sambutan qiqiqi. Ah, terserahlah, aku niatnya dapat ilmu toh diiklanin di facebook kok, bukan salah aku...tapi juga salah temanku juga yang katanya pada mau ikutan mendadak batal gak kasih kabar hiksss...aku jadi sendirian. Cuek aja lah, dibawa santai sampai acara selesai.

Dari 6 menu demo ada beberapa yang aku suka, salah satunya puding alpukat ini. Enak, lembut. Jangan mengeluh kalau mencoba resep ini ya, rempongnya melebihi bikin rainbow cake..hahhaha, catet tuh :p...panci semua turun, bahan harus disiapin lebih dulu semuanya, kerjanya harus cepat karna susul-susulan sama bahan yang mulai mengeras. Gak percaya, buktiin sendiri...*lemas tapi gak kapok. Kalau ingat enaknya pas makan ehemmm pengin sih bikin lagi, tapi kapaaaaaaan...huwaaa...gak sanggup ribetnya sama cucian piring wkwkwkwk. Bener addict sama puding ini;)


Ini ya aku turunin resepnya di sini...langkah kerjanya sudah aku buat lebih mudah sedikit :p

BAHAN :


A. 1 loyang sponge cake rasa pandan atau vanila juga boleh (aku pakai vanila, adanya itu), uk. 30x40x1 cm, potong dadu

B. 500 gr alpukat potong kotak kecil, sisihkan

C. 1 liter susu cair
300 gr fresh cream
200 gr gula pasir
1 sdt toffieco avocado -- aku pakai toffieco pandan, udah beli ketinggalan :(
13 gr gellamix super
pewarna hijau sedikit saja

D. 1 bungkus agar-agar putih
300 gr susu cair
150 gr gula pasir
1 sdt toffieco avocado -- aku pakai pandan

E. 125 gr putih telur, kocok kaku

F. 700 cc air matang
7 gr gellamix super
1 sm kopi instant
1 sdt toffieco mocca super

G. 200 gr gula pasir, 2 sdm air

H. Roti marie (aku skip)


CARA MEMBUAT :

1. Letakkan potongan cake dan alpukat pada cup puding

2. Didihkan bahan C hingga mendidih kecil saja, lalu tuang ke cup dengan cepat, (di langkah ini taburi potongan marie regal kalau mau)

3. Didihkan bahan D sambil kocok bahan E dan satukan sampai rata, aduk dengan menggunakan whisk, tuang ke atas permukaan puding tadi.

4. Pada tahap ini usahakan kedua kompor dipakai untuk memasak bahan G dan F. Buat bahan G dahulu sampai menjadi karamel sambil kita masak adonan F, begitu karamel siap, campur karamel ke bahan F,
biarkan mendidih sebentar, lalu tunag ke atas lapisan busa.

5. Sajikan dingin



Catatan : untuk pemakaian gellamix ini membuat tekstur puding menjadi lembut. Pemakaian gellamix super yang perlu diperhatikan tidak boleh dimasak sampai mendidih, disarankan memakai air kemasan


Selamat mencoba ;)

0 comments:

Post a Comment

 

Dapurnya Ayu Copyright © 2012 Design by Ipietoon