Tuesday, June 29, 2010

Beef Roulade...



Tiap hari masak selalu saja bingung tiap kali menentukan menu hari ini, itulah kendalanya buat aku...*gak cuma aku deh sepertinya, ibu-ibu yang lain juga :D . Meskipun resep banyak, kadang yang diolah ya sop lagii, bening lagii, lodeh lagiii, sayur asem lagiii hahahaha. Kalau bosannya naik ke permukaan, siap-siap bongkar tumpukan resep. Naaa...ketemu resep yang dari dulu udah pengin aku coba, beef roulade. Ini resep dari majalah femina tahun kuda hahaha wong majalahnya udah diloakin.

Fotonya uuugghh menarik hati bangedh! Gak mikir lama *karena sudah niat pulak, nyuruh si Mbak ke pasar, siapin bahan...si Mbak mbatin.."Ibu kalau kumat rajinnya sedapur penuh, ntar yang makan siapa Bu? aku lagi aku lagi...gendut dong aku".."Mbak, syukuri aja kamu bisa makan, bukan yang disuruh masak wuahahaha..." Xoxoxo pinternya aku baca raut muka si Mbak, tapi bener loh ini emang suara hati si Mbak, keluar setelah uji resep ini berhasil...plok plok plok...rame deh dapur ngetawain batinannya mbakku itu padahal cuma aku berdua si Mbak..

Oke, lanjut ke beef rouladenya...maunya cerita nih :D Jadi dagingnya aku beli has dalam supaya cepet empuk. Waktu ke pasar, udah aku ingatkan si Mbak, minta dibuat lembaran tipis yang lebar, bilang ya Mbak untuk rooooolaaaade, paham? Siap Bu...

Begitu si Mbak pulang, langsung kubuka kantung belanjaan daging, ternyata yaaaa...daging has dalamnya dipotong lembaran...tapi pendek-pendek:( jadinya harus nyambung...*nengok keluar gak ada tukang jahit yang bisa nolong nih hihihi...ya sudah lembaran daging itu aku sambung aja lalu aku isi daging cincang yang sudah dibumbui lada, garam dan bawang putih, karena malas kupas wortel dan ngerebusnya pulakk...aku isi pake sosis ayam aja. Gulung roladenya ikat pake tali kenur, itu loh tali yang suka dipakai tukang bangunan kalau mau pasang keramik lantai atau bata...Jangan tali rafia ya...Tali rafia kan dari plastik, gak aman sama pewarnanya dan bau plastiknya juga. Diamkan selama 1 jam dengan bumbu perendamnya, aku taruh di kulkas bukan freezer. Selanjutnya digoreng di margarin yang banyak, minyak sisanya dipakai untuk menumis bumbu sausnya. Supaya enak, aku tambahin lada hitam yang ditumbuk kasar. Masak sampai airnya mengental...taraaa, jadi deh rolade dagingnya.

Syamil gak sabar rupanya, begitu rolade dagingnya matang dan bisa dimakan, eh makannya banyak..."Duh, ibu terharu Nak, kok kayak selama ini ibu masaknya gak enak yaa hahahha". Aku ngalah gak makan cuma icip bagian pojoknya hikss:p Gak cuma aku, si Mbak pun ngomong..."Mbak kuahnya aja deh Dek..." geli banget deh aku...segitu taunya Mbak gak bakalan kebagian, sowry dowry ya Mbak, makan yang lain saja xixixi

Bapak dapat satu gulung, sebelum dimakan difoto dulu deh, asal saja yang penting punya dokumentasi. Untuk sarapan beef roulade ditemani brocoli with garlic dan has brown *kentang favorit bapak*. Sarapannya berat yaa...jangan heran karena memang begitulah kebiasaan kami, sarapan tidak mengenal roti atau kue lewat .......


Resep asli dari majalah Femina keluaran tahun jaduls. Aku coba ini soalnya pengin banget bikin roulade, aku sukaaaaa nyem nyem...Ada beberapa bumbu yang gak dipakai dan aku ganti tapi tidak mengurangi rasanya. Yang penting dagingnya has dalam yaaa....biar masaknya gak terlalu lama dan cepatt empuk pastinya....silahkan yg mau coba


BEEF ROULADE with BLACK PEPPER SAUCE
source majalah Femina


Bahan :

500 gr daging has, pilih yg lebar, iris melintang kalau bisa gak putus
3 sm krim keju ( aku gak pake, gak ada soalnya hehehe)
2 bh wortel rebus rebus sebentar dlm sedikit air yg diberi gula pasir sedikit (aku ganti yg ada di rumah, pake sosis ayam saja + 250 gr daging cincang yg sudah dibumbui lada, garam dan 2 bawang putih yg dihaluskan)

Saus perendam :

2 sm minyak
2 sm saus tomat
4 siung bawang putih, cincang halus
1/2 bawang bombay, cincang halus
2 sm saus inggris
garam dan lada secukupnya
1/2 st bubuk biji pala
1 st bubuk cabai (-->skip, gak pake..gak punya)
1/2 st baking powder (-->gak pake)

Saus penghidang :

1/2 bawang bombay cincang halus
3 sm saus tomat
1/2 sm saus tabasco (--> gak pake, gak punya)
2 sm saus inggris
gula, garam dan lada secukupnya
1/2 st bubuk biji pala
lada hitam butiran, hancurkan asal saja
50 cc kaldu

Cara Membuat :

1. Campur saus perendam jadi satu

2. Lebarkan irisan daging. Tusuk-tusuk dengan garpu. Rendam daging dalam saus perendam selama 1 jam. (Cara aku :: lebarkan daging, klo daging putus" sambung aja bagian per bagian...gak pa pa)

3. Oles daging dengan keju krim. Letakkan wortel di tengah, gulung dan padatkan, ikat dengan tali kenur (tali yg biasa dipakai tukang bangunan untuk memasang bata/lantai supaya lurus)
* Kalo caraku...oleskan daging cincang merata ke lapisan daging tidak perlu tebal yg penting rata kemudian isi dengan sosis ayam, gulung dan ikat

4. Goreng daging dalam mentega 3/4 matang

5. Sementara itu buat saus penghidang. Tumis bawang bombay dalam mentega, masukkan saus tomat, tabasco, saus inggris, garam, gula, lada dan bubuk biji pala. Aduk sebentar dan tuang kaldu

6. Masukkan rolade daging, masak sambil sesekali ditambahkan kaldu sampai rolade matang.

7. Sajikan dengan sayuran rebus, kentang/mashed potatoes

--->hanya saran saja kalau pas tidak punya kaldu bisa diganti air biasa + kaldu blok rasa daging


Sementara masak ini, Syamil bilak balik ke dapur nungguin kapan matangnya,,begitu jadi makannya lahap banget, capek nungguinnya hahaha

oke,,,selamat mencoba....^-^

0 comments:

Post a Comment

 

Dapurnya Ayu Copyright © 2012 Design by Ipietoon