Saturday, January 7, 2012

Puding Sutra NCC




Puding sutra ini banyak namanya loh jadi gak perlu bingung. Sebagian orang menyebut puding putih ini sebagai puding tahu, puding cocktail, puding almond...puding ini memang seperti tahu karena lembut. Puding cocktail karena topingnya buah kaleng (fruit cocktail) dan puding almond karena kalau kita masuk ke resto yang menyajikan makanan cina biasanya untuk dessert pasti ada jenis puding ini deh. Jadinya terserah mau pakai nama yang mana :D.

Baca di milis NCC jadi penasaran banget sama puding ini yang katanya lembut membelai lidah apalagi dilihat dari segi harga juga cukup ekonomis, bisa menjual. Kalau dibilang ekonomis ada benarnya sih apalagi kalau kita hanya memakai topping sirup botol saja, seperti sirup mangga atau jeruk. Tapi aku gak suka pakai toping sirup, untuk beberapa jenis sirup lidahku gak cocok, rada pahit. Paling enak ya topingnya buah kaleng atau nanas kaleng...sluruuuppph...Wah kalau sudah pakai toping fruit cocktail kalengan ini sampai anak-anak pun senang. Alhasil keenakan pakai resep NCC, setiap kali ada acara apapun yang perlu bikin makanan cepat puding sutra ini jadi andalan buatku. Dan yang pasti semua orang gak ada yang nolak puding, segar sih ;)

Ini foto pertama belajar bikin pudsut NCC




Belakangan karena menurutku agak lembek meskipun airnya aku sudah kurangi jadi 5 takaran kaleng, resepnya aku modif dengan pemakaian jelly plain (koniyaku powder) atau yang lebih mudah merk yang ada di pasaran adalah nutrijell yang bungkusnya biru. Tekstur puding jadi lebih kenyal dan kalupun harus dibawa jauh gak kuatir rusak di jalan.





Ini resepnya....

PUDING SUTRA
sumber Yeni Suryasusanti


Bahan :
1 agar-agar bubuk putih
1 kaleng susu kental manis
5-6 kaleng air (ukur dengan kaleng susunya yaa..)
1/2 bungkus nutrijel plain ----> aku tambahin


toping :
sirup ABC squash atau
1/2 kaleng buah koktail siap pakai


Cara membuat :

1. Aduk semua bahan kecuali buah kaleng sampai mendidih

2. Biarkan uap panas hilang, cetak-cetak dalam cup puding

3. Biarkan membeku

4. Kalau sudah membeku beri 1 sdm sirup orange squash atau mango squash ABC (aku gak pakai) atau buah kaleng beserta airnya, hidangkan dingin....hmmmm...sluruppph

1 comments:

konny rusdianti said...

Setiap saya buat kok susunya selalu pecah ya mbak? Padahal terus saya aduk sampai mendidih.
Api besar smpai api kecil sudah saya coba juga. Tapi hasilnya ttp pecah susunya. Jadi kayak puding lapis gt.
Atasnya gumpalan susu yg pecah, bawahnya jadi bening.
Kenapa ya mbak? Thanks before :)

Post a Comment

 

Dapurnya Ayu Copyright © 2012 Design by Ipietoon