Monday, January 2, 2012

Tekwan





Beberapa hari ini kok maunya makan yang segar berkuah....Tekwan!, Yaps...aku pengin tekwan, sudah lama gak buat nih qiqiqi. Resepnya aku dapat dari buku resep pinjaman, enak loh tekwannya;). Aku pernah tinggal di Jambi sewaktu kecil, tekwan ini ada yang jual keliling kalau malam hari dan sering distop mampir di rumah orang tua angkatku. Pertama waktu makan sih agak aneh karena rasanya bagaimana ya...enteng. Sepintas kan tekwan mirip bakso, hanya bakso dibuat dari sapi sementara tekwan dari ikan. Lama kelamaan aku terbiasa tapi gak pernah kepikir tuh bisa buat sendiri :D.

Begitu menikah, pernah sih coba resep tekwan, sudah ikuti resepnya kok gagal...tekwan gak jadi, kuahnya juga gak enak :(. Dari situ malas buat tekwan, lupakan aja deh! wkwkwkwk. Ternyata ketika aku pindah ke BSD salah satu teman kakakku nganterin tekwan serantang kecil, aku makan enak. Sehabis temannya pulang itu aku nyeletuk mau pesan tapi kakakku bilang gak usah pesan, bikin aja sendiri, gampang kok...aku punya resepnya. Lagipula temannya ini kalau masak kuat di vetsin huahahaah pantesan aja abis makan tekwan aku rada keliyengan dikit :p. Masakan di rumahku gak pernah pakai penyedap apapun, entah itu yang mengandung atau tidak mengandung MSG. Sebisa mungkin aku gak pakai, catatan kecuali lagi gak mood masak trus rasanya kacaw balau ya terpaksa dikasih penyedap sedikit saja. Ini aku lakukan sebisa mungkin karena jaman sekarang hampir semua orang beli makanan jadi, makanan jadi pastinya gak lepas dari penyedap. Yang namanya orang jualan gak mungkin gak pakai penyedap...gak bisa kita atur juga pemakaiannya meskipun yang jual bilang sedikit dan kira-kira..siapa yang tau? hihihi

Ya sudah, begitu resep dikasih aku eksperimen di dapur. Bikin tekwan itu gampang, mudah dan cepat buat, hasil jadinya pun banyak hahahaha....sayangnya Syamil gak terlalu suka tekwan. Doyan sih, tapi sekali makan cukup :D Sewaktu ibu mertuaku datang dan aku masakin ini juga senang soalnya segar katanya, Alhamdulillah. Ingat menu ayam kremes?, sewaktu arisan itu selain ayam kremes aku juga buat tekwan...semuanya ludes gak bersisa...Alhamdulillah kalau cocok.


TEKWAN
sumber...lupa :D
modif ala Ayu


Bahan :
500 gr udang basah tanpa kulit, cincang
500 gr ikan tengiri, haluskan
250 gr sagu tani
1 putih telur
150 cc air
2 sdt garam
1 sdm bawang putih halus
sedikit gula
150 cc kaldu udang
50 gr jamur kuping, rendam lunak, sisihkan
25 gr sedap malam, ikat dan cuci bersih
300 gr bengkuang potong korek api
soun yang sudah direndam
1 batang wortel, iris korek api
daun bawang, seledri secukupnya, iris halus
bawang goreng secukupnya

sambal rawit rebus

bumbu halus dan tumis harum :
8 siung bwang putih haluskan
1 sdt lada butiran
garam
2 sdm margarin


Cara membuat :

1. Bagi udang cincang menjadi dua bagian

2. Tumis bumbu halus beserta daging udang cincang, sisihkan

3. Buat kaldu udang dari kulit dan kepala udang yang sudah dibersihkan. Sangrai terlebih dahulu, kemudian rebus dengan air mendidih sampai berubah warna, saring dan sisihkan

4. Buat tekwannya : campur udang cincang dengan daging ikan tengiri, garam, sedikit gula, bawang putih, putih telur dan sagu tani yang sudah diberi air, aduk asal yang penting rata

5. Didihkan air kaldu udang untuk merebus tekwan. Caraku adonan tekwan ditaruh di piring kecil lalu disendok dan dicemplungin ke air mendidih.

6. Biarkan sampai adonan tekwan mengambang. Lakukan hal ini sampai adonan tekwan habis, sisihkan adonan tekwannya

7. Masukkan bumbu halus, biarkan mendidih beri gula, garam, cicipi rasanya sesuaikan dengan selera

8. Masukkan tekwan, jamur, sedap malam dan bengkuang, wortel, soun dan sambal rawit rebus

9. Sajikan panas-panas, taburi bawang goreng, daun bawang iris

*tips : selain potongan wortel, untuk variasi bisa ditambahkan udang utuh yang ditumis bersama bumbu halus...kalau udangnya banyak, kuah kaldu tekwan terasa gurih


Pokoke resep ini maknyooooos, uenaaaak...

0 comments:

Post a Comment

 

Dapurnya Ayu Copyright © 2012 Design by Ipietoon